Hambatan-Hambatan Dalam Komunikasi Terapeutik


Hambatan Komunikasi Terapeutik - Sebagaimana dipahami bahwa komunikasi terapeutik merupakan komunikasi yang direncanakan secara sadar, bertujuan dan kegiatannya dipusatkan untuk kesembuhan pasien (Indrawati, 2003).

Komunikasi terapeutik merupakan alat dasar yang digunakan untuk membentuk hubungan antara perawat dengan klien. Hubungan terapeutik menjadi dasar bagi klien untuk merasa dimengerti, nyaman dalam mendiskusikan masalah, mengekslporasi cara yang tepat dalam memenuhi kebutuhan emosional dan mengembangkan hubungan yang memuaskan.

Dalam hubungan terapeutik, perawat membentuk hubungan dengan klien melalui penggunaan pesan verbal dan non verbal. Untuk itu perawat harus memperhatikan semua komunikasi verbal dan non verbal klien.

Hambatan-Hambatan Dalam Komunikasi TerapeutikAdapun hambatan-hambatan komunikasi terapeutik dalam hal kemajuan hubungan perawat-klien terdiri dari tiga jenis utama : resisten, tranferens, dan kontertransferens (Hamid, 1998). Ini timbul dari berbagai alasan dan mungkin terjadi dalam bentuk yang berbeda, tetapi semuanya menghambat komunikasi terapeutik perawat. Perawat harus juga mengatasinya. Oleh karena itu hambatan ini menimbulkan perasaan tegang baik bagi perawat maupun bagi klien. Ketiga jenis hambatan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

1) Resisten

Resisten adalah upaya klien untuk tetap tidak menyadari aspek penyebab ansietas yang dialaminya. Resisten merupakan kerengganan alamiah atau penghindaran verbalisasi yang dipelajari atau mengalami peristiwa yang menimbulkan masalah aspek diri seseorang. Resisten sering merupakan akibat dari ketidaksediaan klien untuk berubah ketika kebutuhan untuk berubah telah dirasakan. Perilaku resisten biasanya diperlihatkan oleh klien selama fase kerja, karena fase ini banyak berisi penyelesaian masalah.

2) Transferens

Transferens adalah respon tidak sadar dimana klien mengalami perasaan dan sikap terhadap perawat yang pada dasarnya terkait dengan tokoh dalam kehidupannya dimasa lalu. Sifat yang paling menonjol adalah ketidaktepatan respon klien dalam intensitas dan penggunaan mekainsme pertahanan pengisaran (displacement) yang maladaptif. Dua jenis reaksi utamanya adalah bermusuhan dan tergantung.

3) Kontertranferens

Yaitu kebuntuan terapeutik yang dibuat oleh perawat bukan oleh klien. Kontertranferens merujuk pada respon emosional spesifik oleh perawat terhadap klien yang tidak tepat dalam isi maupun konteks hubungan terapeutik atau ketidaktepatan dalam intensitas emosi. Reaksi ini biasanya berbentuk salah satu dari tiga jenis reaksi sangat mencintai, reaksi sangat bermusuhan atau membenci dan reaksi sangat cemas seringkali digunakan sebagai respon terhadap resisten klien.

Untuk mengatasi hambatan komunikasi terapeutik di atas, perawat harus siap untuk mengungkapkan perasaan emosional yang sangat kuat dalam konteks hubungan perawat-klien. Awalnya, perawat harus mempunyai pengetahuan tentang hambatan komunikasi terapeutik dan mengenali perilaku yang menunjukkan adanya hambatan tersebut. Latar belakang perilaku digali baik klien atau perawat bertanggungjawab terhadap hambatan terapeutik dan dampak negatif pada proses terapeutik.