Tahap-Tahap Komunikasi Terapeutik


Tahap-Tahap Komunikasi Terapeutik - Pada posting sebelumnya telah diuraikan sejumlah pengertian komunikasi terapeutik menurut para ahli. Selanjutnya, terdapat empat tahap atau fase dalam komunikasi terapeutik menurut Stuart dan Sundeen (1998), yang dapat dijelaskan di bawah ini.


1. Tahap Pre-interaksi

Tahap pertama ini merupakan tahap dimana perawat belum bertemu dengan pasien. Tugas perawat dalam tahap ini adalah menggali perasaan, fantasi dan rasa takut dalam diri sendiri; menganalisis kekuatan dan keterbatasan profesional diri sendiri; mengumpulkan data tentang klien jika memungkinkan; dan merencanakan untuk pertemuan pertama dengan klien.

2. Tahap orientasi

Yakni tahap dimana perawat pertama kali bertemu dengan klien. Tugas perawat dalam tahap ini meliputi: menetapkan alasan klien untuk mencari bantuan; membina rasa percaya, penerimaan dan komunikasi terbuka; menggali pikiran, perasaan dan tindakan-tindakan klien; mengidentifikasi masalah klien; menetapkan tujuan dengan klien; dan, merumuskan bersama kontrak yang bersifat saling menguntungkan dengan mencakupkan nama, peran, tanggung jawab, harapan, tujuan, tepat pertemuan, waktu pertemuan, kondisi untuk terminasi dan kerahasiaan.

3. Tahap kerja

Tahap komunikasi terapeutik yang ketiga ini adalah tahap dimana perawat memulai kegiatan komunikasi. Tugas perawat pada tahap ini adalah menggali stresor yang relevan; meningkatkan pengembanganpenghayatan dan penggunaan mekanisme koping klien yang konstruktif; serta membahas dan atasi perilaku resisten.

4. Tahap terminasi

Tahap terminasi adalah tahap dimana perawat akan menghentikan interaksi dengan klien, tahap ini bisa merupakan tahap perpisahan atau terminasi sementara ataupun perpisahan atau terminasi akhir. Tugas perawat pada tahap ini adalah: membina realitas tentang perpisahan; meninjau kemampuan terapi dan pencapaian tujuan-tujuan; serta menggali secara timbal balik perasaan penolakan, kesedihan dan kemarahan serta perilaku yang terkait lainnya.

Baca juga: Contoh Dialog Komunikasi Terapeutik Pada Lansia 

Demikian 4 fase atau tahap komunikasi terapeutik dan penjelasannya. Disamping memahami tahapan komunikasi terapeutik, yang lebih penting lagi menguasai teknik-teknik komunikasi terapeutik yang juga dapat dibaca di blog ini. Semoga bermanfaat.